Rabu, 24 November 2010

OBAMA

Bagi masyarakat AS, Obama adalah superstar politik baru yang menjanjikan banyak perubahan dan harapan lebih baik. Sosok muda, penuh kharisma, orator yang memikat, doktor hukum yang cerdas dari universitas papan atas, Harvard, penulis brilian, berasal dari kelas menengah-bawah, berdarah lintas kultural antara kulit putih dan hitam, dan berbagai karakter lainnya telah membentuknya menjadi politisi yang penuh pesona.
Barack Hussein Obama lahir pada 4 Agustus 1961 di Queen’s Medical Center, Honolulu, Hawaii. Ayahnya, Barack Hussein Obama Sr., pria kulit hitam yang berasal dari Nyangoma-Kogelo, distrik Siaya, Kenya. Ibunya, Shirley Ann Dunham, wanita kulit putih, keturunan suku Cherokee, berasal dari Wichita, Kansas, Amerika Serikat.
Obama menikahi Michelle Robinson, 44 tahun, juga doktor hukum lulusan Universitas Harvard. Kini pasangan ini dikaruniai dua putri : Malia (lahir 1999) dan Sasha (lahir 2001). Obama lulus dari Columbia University di New York dan melanjutkan kuliah hukum di Harvard University di Massachusets.
Obama pernah tercatat sebagai murid di SD Franciscus Asisi, di kawasan Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Para guru di sekolah Katolik itu tidak mengenai nama Barack Obama. Sebab, ketika masuk sekolah tersebut pada 1 Januari 1968, ia duduk di kelas 1B, dengan nama Barry Soetoro.
Idola obama adalah Mahatma Gandhi, Martin Luther King Jr., dan Abraham Lincoln. “Mereka tidak hanya mempraktikan politik, melainkan juga mengubah cara berpikir tentang diri mereka sendiri dan orang lain. Mereka menggali budaya masing-masing secara mendalam dan berjuang untuk itu,” kata Obama.
Daya pikat lain Obama adalah terletak pada gagasan yang dilontarkannya dan kemampuannya sebagai penulis. Memoar yang ditulisnya tahun 1997, Dreams from My Father, bercerita tentang masa kecilnya hingga menyelesaikan kuliahnya, tentang keluarga dan lingkungan dekatnya di Chicago, telah menjadi bestseller.
Tim Hikmah. Obama : Tentang Israel, Islam, dan Amerika. 2008. Jakarta : Penerbit Hikmah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar